LOGIN USER



Admin Online

admin online

Sosial Media

  

FansPage

facebook fans page

Statistik Website

Kurikulum PDF Cetak E-mail
Urusan Kurikulum (Purnami Subadiyah, S.Pd, M.Pd dan Retnoadi Mohamad, S.Pd)
1.Standar Isi, (Permendiknas 22 Th. 2006)
a) Menyusun rencana kerja kurikulum dan penjaminan mutu
b) Menyusun rencana kerja litbang dan pengajaran
c) Penyusunan KTSP/
d) Menentukan struktur program
e) Menentukan Kriteria kenaikan kelas dan kriteria kelulusan
f) Menjabarkan Kalender Pendidikan
g) Menyusun pembagian tugas Guru
h) Menetapkan beban mengajar guru
i) Mengatur kegiatan intrakurikuler, pengembangan diri dan ekstrakurikuler
j) Menetapkan minggu efektif, pelaksanaan UTS, UAS, UKK, US dan UN
k) Mengkoordinasikan penetapan penentuan KKM
l) Menjabarkan SKL tiap mata pelajaran
m) Menyusun Rencana Kegiatan Sekolah
n) Membuat SK pembagian tugas
o) Mengatur kegiatan ekstrakurikuler, meliputi : jenis, pembina, jadwal
p) Mengatur pelaksanaan jam tambahan
q) Mengatur program perbaikan dan pengayaan
r) Mengatur kegiatan klinik belajar
s) Menyusun strategi sukses UN 2011/2012
t) Menyusun laporan

2. Standar Proses (Permendiknas No. 41 th.2007)
Standar Proses mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan, penilaian hasil dan pengawasan proses pembelajaran
a) Mengatur penyusunan program pengajaran (program tahunan/semeter, Silabus dan RPP dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum)
b) Mengatur pengembangan bedah SKL materi Indomipa
c) Mengatur pengembangan MGMP dan bertindak selaku koordinator
d) Mengatur jumlah peserta didik dan membagi rombel
e) Mengatur pembagian kelas (peserta didik)
f) Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
g) Menyusun pembagian tugas guru dan mengatur beban kerja minimal guru
h) Mengatur penggunaan buku teks pelajaran
i) Memfasilitasi penyusuan resume materi pelajaran indomipa
j) Memantau kehadiran guru mengajar
k) Menyusun jadwal mengajar guru
l) Pengelolaan kelas, meliputi : kelengkapan sarpras, penataan bangku, kelengkapan data kelas, presensi
m) Mengatur jurnal mengajar, jurnal kelas, pemantauan secara periodic
n) Menyiapkan format administrasi guru
o) Melaksanakan workshop model pembelajaran leson study, CTL, penilaian kelas.
p) Melaksanakan worshop peningkatan kompetensi dan komitmen kerja guru
q) Menata penilaian hasil belajar, penilaian proses, penilaian hasil
r) Melakukan superfisi administrasi dan mengatur pelaksanaan supervisi pembelajaran
s) Mengatur guru piket
t) Memantau guru yang absen (ada bukti fisik)
u) Menyusun Pelaporan rekapitulasi kinerja guru, meliputi : Kelengkapan perangkat pembelajaran, jurnal mengajar, buku nilai, kehadiran serta prestasi
v) Mengkonsep tindak lanjut berupa penghargaan dan sanksi yang bersifat mendidik
w) Pengembangan dan inovasi-inovasi metode pengajaran pada semua mata pelajaran, khususnya penerapan metode atau strategi pembelajaran kontekstual atau CTL (Contextual Teaching and Learning)
x) Pengembangan dan inovasi-inovasi bahan pembelajaran baik secara kwantitas maupun kwalitas.
y) Pengembangan dan inovasi-inovasi sumber pembelajaran baik secara kwantitas maupun kwalitas.
z) Pengembangan dan inovasi-inovasi model-model pengelolaan atau manajemen kelas
aa) Menyusun laporan

3. Standar Penilaian (Permendiknas No. 20 th. 2007)
Mengatur pelaksanaan :
a) Ulangan harian, setelah menyelesaikan 1 KD atau lebih
b) Ulangan tengah semester 1, setelah melaksanakan 8-9 minggu
c) Ulangan akhir semester, akhir semester berjalan
d) Ulangan tengan semester 2
e) Ulangan Kenaikan kelas
f) Mengatur pelaksanaan TO (Tray Out)
g) Ujian Sekolah
h) Ujian Nasional
i) Menyusun DNS dan DNT (Daftar Nominasi Sementara/Tetap)
j) Mengatur strategi pencapaian ketuntasan belajar tiap KD
k) Menghimpun hasil penilaian tiap kelas untuk dimasukkan dalam website sekolah
l) Menghimpun alat ukur tiap jenjang untuk semua mapel
m) Penilaian 4 kelompok mata pelajaran, mengacu pada SKL untuk kelompok mata pelajaran
n) Membuat instrumen penilaian proses, praktik, penilaian teman, portofolio, penugasan dsb.
o) Sosialisasi penulisan soal
p) Mengakomodasi penilaian yang dilakukan oleh pendidik (di buat bank data nilai)
q) Membuat pelaporan hasil penilaian secara berkala oleh orang tua (UH, UTS, UAS, UKK dan UN)
r) Membuat SKHUN, dan koordinator penulisan ijazah
s) Koordinator penilaian oleh satuan pendidikan, meliputi penentuan KKM, dan pelaksanaan Ulangan yang melibatkan satuan pendidikan dari persiapan, pelaksanan hingga pelaporan, penentuan kenaikan kelas dan US
t) Menyelenggarakan lomba akademik di tingkat sekolah
u) Menyiapkan data untuk siswa berprestasi
v) Menyiapkan siswa untuk mengikuti lomba akademik tingkat kota, propinsi dan nasional
w) Mengatur strategi tim sukses UN
x) Menyusun grafik input (UASBN), Proses (UKK1, UKK2) dan Output (UN) untuk mapel Indomipa
y) Mengatur peningkatan gain score achievement (GSA) pada setiap semester/tahun, terhadap pencapaian ketuntasan kompetensi untuk semua mata pelajaran.
z) Memantau ketercapaian SKL (Permendiknas No. 23 tahun 2006)
Standar Kompetensi Lulusan, mencakup 3 hal, yakni :
Ø SKL Satuan Pendidikan
Ø SKL Kelompok Mata Pelajaran (ada 4 kelompok mapel)
aa) Menyusun laporan
 

Kepala Sekolah

foto kepsek
Aloysius Kristiyanto
S.pd M.Pd

Kata Motivasi

Siapa saja yang belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh, pasti akan mudah meraih cita-cita...



Bersedekah sedikit terus-menerus akan lebih baik jika dibandingkan dengan sedekah banyak hanya sekali



Rencana adalah jembatan menuju mimpimu, jika tidak membuat rencana berarti tidak memiliki pijakan langkahmu menuju apa yang kamu cita-citakan.



Bertutur dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik dan melakukan perbuatan baik. Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.



Orang yang selalu mencari-cari alasan bagi kegagalannya, tidak akan memperoleh kemajuan untuk selamanya

Video Unggulan

Foto Unggulan

Banner Terkait

Serifikasi Guru
Padamu Negeri
Cek SKTP
Data Pokok Pendidikan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
banner edmodo

Jajak Pendapat

Pendapat tentang website ini?